Resep Acar ceker Ayam Asem,Pedas , Asin ala Thailand Yang Bikin Nagih

Resep Acar ceker Ayam Asem,Pedas , Asin ala Thailand Yang Bikin Nagih

Resep Acar ceker Ayam Asem,Pedas , Asin ala Thailand Yang Bikin Nagih

Acar adalah jenis awetan makanan yang berasal kebanyakan dari sayuran atau buah-buahan dengan  memakai cuka atau air garam.
Bahan yang biasa dibuat sebagai bahan dasar acar adalah mentimun, cabe, bawang, Wortel , tomat, dan sebagainya. Acar umumnya disajikan sebagai hidangan pelengkap (dimakan bersama hidangan utama) dan juga bisa disajikan sebagai salad. Berbagai daerah di dunia memiliki jenis varian acar tersendiri.

Sedangkan bicara Acar , kata 'Acar' ini berasal dari bahasa Hindi dan bahasa Sansekerta, karena di India juga menggunakan kata yang sama untuk makanan jenis ini.

Ceker ayam , pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan nama ini bukan?
Ceker Ayam adalah bagian kaki ayam yang lazim dikonsumsi, baik di Indonesia hingga kemanca -negara.

Sudah dibahas apa itu Acar dan ceker Ayam , kali ini Hariankartini.com ingin memberikan resep yang berkaitan dengan kedua nama itu, yang tak lain adalah Acar ceker ayam.

Acar ceker ayam ini biasa saya jumpai di Hong Kong , tepatnya dibeberapa Restoran Thailand yang ada di Hong Kong.
Dari penampakannya saja sudah sangat menggiurkan dan menggoyang lidahkarena terkesan sangat segar dan menggoda iman . ( biasalah .... bercanda.... hahahahahaha ).

Anyway , Acar ceker ayam ini sangat diminati oleh banyak orang , karena rasanya yang sangat bervariasi , yaitu ada asin-asinnya,ada asem-asemnya dan juga ada pedas-pedasnya.
Susah amat ya ,padahal tinggal nulis : Pedes ,asem asin, hahhahahaha.

Oke , tidak perlu panjang lebar dalam menyampaikan kata pembuka diartikel kali ini , berikut hariankartini.com berikan Resep Acar Ceker Ayam Pedas , Asam , Asin yang super Nagih buat kamu :

Bahan Acar Ceker Ayam :

  • 1 Buah mentimun (kupas dan iris korek api)
  • 1Buah Wortel (Kupas dan iris korek api ),
  • 6- 7 biji ceker ayam ( saya pakai ukuran besar ),
  • 1 buah Bawang Bombay Merah / putih ( Iris Tipis ),


Bahan Saus Acar Ceker Ayam :
1 Buah Lemon ( peras dan ambil Airnya ),
2,5 sendok makan Sause Ikan ( Fish sauce ),
5 Sendok makan Kecap Asin ,
2 Sendok makan Gula Pasir ,
2 ,5 sendok makan cuka putih,
3 Biji Cabe Merah ( iris ),
4 Siung Bawah Putih ( Cacah Halus ),


Cara Mengolah Acar ceker Ayam : 

  1. Cuci bersih ceker ayam dan rebus dalam air mendidih sampai matang atau selama kurang lebih 15 menit , lalu angkat dan cuci dibawah air mengalir, kemudian rendam ceker ayam dengan air dan taruh dikulkas semalaman.
    Setelah itu , ambil ceker ayam dari kulkas , cuci bersih lagi dan pisahkan antara kulit ceekr ayam dengan tulangnya, lalu sisihkan. Untuk Trik cara memisahkan kulit ceker ayam dengan tulangnya , silahkan simak videonya diakhir postingan ini .

    Catatan : Trik ini saya pakai agar Hasil dari ceker ayam jadi kenyal dan berwarna putih  , namun jika kamu tidak punya kulkas , cukup rendam ceker ayam dengan air Es atau air dingin beberapa jam saja sebelum mengolahnya menjadi acar.
  2. Ambil wadah besar ( mangkuk ) , lalu tuang semua 'Bahan Saus Acar ceker Ayam' dan aduk-aduk sampai merata ( lalu cicipi apakah rasanya sudah cocok dengan yang kamu mau atau belum , jika kurang bisa ditambah sendiri ya ), 
  3. Kemudian masukan Kulit ceker ayam yang sudah dipisahkan dari tulangnya ( 1 ceker ayam bisa disuwir mnjadi beberapa bagian , supaya manti ceker ayamnya merata ya, kan kasian kalau ada yang gak kebagian cekernya ), irisan mentimun , irisan wortel dan irisan Bawang Bombay ,lalu aduk-aduk sampai saus tercampur rata dengan bahan-bahan tadi,
  4. Setelah itu , pindahkan ceker ayam kedalam wadah atau tupperware berbahan dasar gelas , tutup dan simpan didalam kulkas.
Resep Acar ceker Ayam Asem,Pedas , Asin ala Thailand Yang Bikin Nagih

Catatan :
  • Sebenarnya Acar ceker Ayam ini bisa dinikmati langsung setelah mengolahnya , namun akan lebih nikmat jika Acar Ceker Ayam ini dinikmati dalam keadaan dingin atau keluar dari Kulkas.
  • Selain untuk penyanding Lauk atau pengganti Salad , ternayata Acar Ceker Ayam ini juga tidak kalah Nikmat jika disandingkan dengan Nasi loh.
  • Tulang ceker ayam yang sudah dipisahkan dari kulitnya tadi jangan dibuang , kamu bisa memanfaatkannya sebagai campuran atau soto.
  • Jika kamu tidak suka dengan Bawang Bombay , kamu bisa menggantinya dengan Seledri  atau daun ketumbar (seledri Cina ).


Cara Memisahkan Kulit Ceker Ayam dengan tulangnya : 



Kamu Perlu Tahu :
Ceker ayam mengandung tulang, kulit, tendon, dan tidak ada otot. Sehingga, kamu tidak menemukan daging saat makan ceker ayam dan hanya bisa memakan kulit dan tendon, serta sumsum dalam tulang ayam. Namun, kebanyakan orang hanya memakan kulit dan tendonnya saja, sedangkan tulang ayam yang kaya akan nutrisi justru dibuang.

Padahal, di dalam tulang ayam terdapat banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Mungkin karena sulit untuk mendapatkan sumsum pada tulang ceker ayam ini sehingga membuat  kamu membuangnya dan tidak memakannya. Tapi, sebenarnya kamu bisa memasaknya dengan membuatnya menjadi kaldu. Sehingga, nutrisi dalam tulang ceker ayam lebih mudah kamu dapatkan.

Waalaupun banyak manfaat yang terkandung pada ceker ayam , tentu ada dampak buruknya bagi kesehatan ada jika kebanyakan mengkonsumsi ceker ayam ini.
Bagian ceker ayam ditutupi dengan kulit ayam secara penuh, dan kulit ayam ini mengandung lemak jenuh yang tinggi. Tak heran, ceker ayam mempunyai rasa yang nikmat karena kandungan lemaknya ini. Makanan yang mengandung lemak tinggi memang pada umumnya mempunyai rasa yang lezat.

Tapi buruknya, kandungan lemak jenuh yang tinggi dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Lama-kelamaan, kadar kolesterol yang tinggi ini dapat menyumbat pembuluh darah yang mengalirkan darah ke otot jantung. Akibatnya, kamu bisa terkena penyakit jantung.

Referensi kesehatan dari : Hellosehat.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel