Kumpulan Ucapan Selamat Hari Kartini 2020

Kumpulan Ucapan Selamat Hari Kartini 2020

Tak terasa kita sudah memasuki bulan April.
Bulan April adalah bulan keempat dalam Kalender Gregorian. Nama bulan april diambil dari bahasa Latin "aperire" yang berarti membuka. Bulan April ini memiliki 30 hari.

Sebagai warga negara Indonesia yang baik tentunya, bulan april akan menjadi momentum memperingati Hari Kartini, untuk mengenang jasa seorang pahlawan Nasional, raden Adjeng Kartini yang jatuh setiap tanggal 21 April.

Siapa itu Raden Adjeng Kartini?

Raden Adjeng Kartini adalah Pahlawan Nasional Indonesia,  putri dari Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, seorang Bupati Jepara, Jawa Tengah dan Ibunya bernama M.A. Ngasirah,

Raden Adjeng Kartini atau Raden Ayu kartini ini lahir di Jepara, pada 21 April 1879 dan meninggal di Rembang, Jawa Tengah pada 17 September 1904.

R.A Kartini adalah seorang tokoh suku Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia yang juga dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi.

R.A Kartini adalah anak kelima dari 11 bersaudara kandung dan tiri. Dari kesemua saudara sekandung, Kartini adalah anak perempuan tertua.

Kakeknya, Pangeran Ario Tjondronegoro IV, diangkat bupati dalam usia 25 tahun dan dikenal pada pertengahan abad ke-19 sebagai salah satu bupati pertama yang memberi pendidikan Barat kepada anak-anaknya. Kakak Kartini, Sosrokartono, adalah seorang yang pintar dalam bidang bahasa. Sampai usia 12 tahun, Kartini diperbolehkan bersekolah di ELS (Europese Lagere School).
Disana, Kartini belajar bahasa Belanda. Tetapi setelah usia 12 tahun, ia harus tinggal di rumah karena sudah bisa dipingit.

Karena Kartini bisa berbahasa Belanda, di rumah kartini mulai belajar sendiri dan menulis surat kepada teman-teman korespondensi yang berasal dari Belanda. Salah satunya adalah Rosa Abendanon yang banyak mendukungnya.

Dari buku-buku, koran, dan majalah Eropa, Kartini tertarik pada kemajuan berpikir perempuan Eropa. Timbul keinginannya untuk memajukan perempuan pribumi, karena ia melihat bahwa perempuan pribumi berada pada status sosial yang rendah.

Setelah R.A Kartini wafat, Mr. J.H. Abendanon mengumpulkan dan membukukan surat-surat yang pernah dikirimkan oleh R.A Kartini pada teman-temannya di Eropa.
Abendanon saat itu menjabat sebagai Menteri Kebudayaan, Agama, dan Kerajinan Hindia Belanda.
Buku itu diberi judul Door Duisternis tot Licht yang arti harfiahnya "Dari Kegelapan Menuju Cahaya". Buku kumpulan surat Kartini ini diterbitkan pada 1911. Buku ini dicetak sebanyak lima kali, dan pada cetakan terakhir terdapat tambahan surat Kartini.

Terbitnya surat-surat Kartini, seorang perempuan pribumi, sangat menarik perhatian masyarakat Belanda, dan pemikiran-pemikiran Kartini mulai mengubah pandangan masyarakat Belanda terhadap perempuan pribumi di Jawa. Pemikiran-pemikiran Kartini yang tertuang dalam surat-suratnya juga menjadi inspirasi bagi tokoh-tokoh kebangkitan nasional Indonesia, antara lain W.R. Soepratman yang menciptakan lagu berjudul Ibu Kita Kartini.

Presiden Soekarno mengeluarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No.108 Tahun 1964, tanggal 2 Mei 1964, yang menetapkan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional sekaligus menetapkan hari lahir Kartini, tanggal 21 April, untuk diperingati setiap tahun sebagai hari besar yang kemudian dikenal sebagai Hari Kartini.

Tentu kita sebagai wanita Indonesia juga ingin mengucapkan selamat hari Kartini kepada para kartini-kartini Indonesia masa kini bukan?

Karena kita tahu, dilingkungan kita banyak sekali kartini-kartini muda yang tengah berjuang baik untuk keluarga da sesama.

berikut dibawah ini adalah kumpulan ucapan Hari Kartini yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber:



1. Selamat Hari Kartini untuk seluruh kaum perempuan Indonesia. Semoga menjadi perempuan yang kuat, super dan smart. 

ucapan hari kartini

2. Selamat hari kartini untuk seluruh perempuan Indonesia. Tetaplah menjadi pelita yang tak pernah padam. Selalu bersinar dengan kecerdasan yang kamu miliki

Selamat hari kartini


3. Terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dulu sebelum kebahagian yang sempurna datang kepadamu.  Habis gelap terbitlah terang, Selamat Hari Kartini.

ucapan hari kartini

4. Selamat Hari Kartini untuk seluruh wanita Tangguh Indonesia.

Ucapan hari Kartini

5. Terimakasih telah menolong kami sampai sekarang. Karena jika tidak tidak ada wanita seperti kamu, Aku pikir aku tidak akan menjadi seseorang seperti sekarang. Selamat Hari Kartini.

Ucapan hari kartini

6. Bangga menjadi wanita indonesia! Sambut Hari Kartini tahun ini dengan penuh semangat dan Cinta.

ucapan hari kartini

7. Kartini adalah salah satu contoh dari keteguhan menggapai impian itu. Dan sejumlah sosok perempuan memiliki keteguhan yang sama, yang di setiap bidang yang digelutinya terus berjuang mewujudkannya.
Selamat menyambut Hari Kartini 2020. Salam Inspirasi. Inspiring Your Life

ucapan hari kartini


8. Wahai Perempuan indonesia bergeraklah untuk indonesia.
Dan ukurlah dirimu seberapa jauh berkonstribusi untuk indonesia.
Selamat Hari Kartini

Ucapan hari Kartini


9. SELAMAT HARI KARTINI
Wahai Kartini-Kartini devisa
Kalianlah Kartini masa depan untuk Indonesia.
Teruskanlah semangat juang Ibu Kita Kartini.
Semangat yang terus membara.


Rela berkorban demi memperjuangkan masa depan anak-anak
Rela berkorban meski terpisah dengan keluarga dan jauh di negeri orang.
Rela berkorban jiwa dan raga
Tunjukan pada dunia


Bahwa perjuangan Kartini tak sia-sia
Pergunakan waktu yang ada
Untuk bekerja, belajar dan berkarya
Insya Allah, masa gemilang telah menunggu di sana
Habis gelap terbitlah terang

ucapan hari kartini


10. Jadilah pribadi yang tak pernah padam, selalu bersinar dengan kecerdasan dan ketangguhan yang kau miliki.
Selamat Hari Kartini.

Ucapan hari kartini


11. Perempuan kuat bukan karena ototnya. Perempuan kuat adalah mereka yang bisa menjadi pelopor kebaikan bagi keluarga dan Masyarakat. Selamat Hari Kartini

ucapan hari kartini


12. Entah akan berkarier atau menjadi Ibu rumah tangga, seorang wanita wajib berpendidikan tinggi karena ia akan menjadi Ibu. Ibu Ibu cerdas akan menghasilkan anak-anak yang cerdas.

ucapan hari kartini


13. Disamping otak, Hati harus dibimbing. Kalau tidak demikian, peradapan hanya permukaannya saja.

ucapan hari kartini


Berikut diatas adalah kumpulan gambar ucapan selamat hari kartini 2020 buat kamu.

Jika artikel ini bermanfaat atau ada kesalahan yang perlu diperbaiki , silahkan berikan komentar dibawah ini ya. Terima Kasih.

0 Response to "Kumpulan Ucapan Selamat Hari Kartini 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel